Jasa Konveksi Kaos Sablon Bandung

Mengenal Screen Sablon Kaos

























Screen sablon berfungsi sebagai penyaring tinta, lem, serbuk dan material cetak sablon lainnya. Umumnya screen dipasang dan direntangkan dalam media berbentuk bingkai persegi empat dengan media kayu atau alumunium.

Bahan kain screen umumnya menggunakan kain monyl yang tahan terhadap zat kimia sablon, sehingga dapat digunakan berulang.

Jenis screen biasanya dikategorikan berdasarkan besaran kerapatan per cm atau pe inch. Berikut ini ukuran yang sering dipakai :

a. Ukuran Tick (T)
Ukuran menggunakan Tick dihitung berdasarkan jumlah benang dalam satuan 1 cm. Misal T55, maka dalam 1 cm terdapat benang sebanyak 55 benang. Makin besar angka T nya maka semakin rapat keadaan screennya.

b. Ukuran Mesh (M)
Ukuran menggunakan Mesh yaitu banyaknya jumlah benang dalam satuan inchi (2.54 cm). Ukuran M100, maka dalam 1 inchi screen terdapat 100 benang.

Dalam industry sablon, kebanyakan menggunakan besar T. Berikutnya kapan kita menggunakan screen dengan angka T lebih besa atau T lebih kecil. Ini tergantung dari jenis tinta dan medianya. Kita menggunakan T dengan angka kecil, saat kita akan menyablon dengan material tinta yang berpartikel besar, umumnya tinta water base atau special effect.

Kita menggunakan screen dengan kerapatan sedang, biasanya digunakan untuk sablon raster yang diperlukan kelembutan. Biasanya screen dengan kerapatan sedang digunakan untuk menyablon raster berbasis oil base.
Sedangkan screen dengan kerapatan tinggi, biasanya digunakan untuk menyablon plastic, kaca, gelas dan keramik Dimana tintanya sangat cair sehingga mampu menembus screen.























Berikut ini panduan dasar yang dapat digunakan sebagai acuan menyablon :

Tick 12
Untuk menyablon berbahan Glitter 0,1 mm,tinta Rock dengan efek batu,tinta cube,plastisol cetak tebal dll.

Tick 24 
Biasa digunakan untuk menyablon Glitter ukuran 00,1.,tinta Rock dengan efek batu,tinta cube,plastisol cetak tebal dll.

Tick 32
Biasa digunakan untuk menyablon lem transfer seperti SP-Top ink,Binder TFG dll.

Tick 40
Biasa digunakan untuk menyablon berbagai jenis serbuk-serbukan seperti serbuk phospore,glow in the dark,two tone,serbuk emas,silver dll.

Tick 48
Biasa digunakan untuk menyablon gambar-gambar blok menggunakan tinta waterbased maupun plastisol.

Tick 55
Standart untuk menyablon gambar-gambar blok menggunakan tinta waterbased seperti Rubber,extender atau plastisol.

Tick 61
Standart untuk menyablon gambar-gambar blok menggunakan tinta superwhite,extender,hybrid binder ,atau plastisol.

Tick 77
Biasa digunakan untuk menyablon gambar-gambar raster, dan untuk tinta rubber,ini adalah screen yang sudah cukup halus/ sudah paling halus,jika rasternya lebih kasar dapat menggunakan kain screen yang selevel lebih kasar misalkan T61 agar tinta tidak mudah mampet discreen.

Tick 90
Biasa digunakan untuk menyablon gambar-gambar raster, dan untuk tinta extender,super white,hybrid,atau matsumin series 301 ,ini adalah screen yang sudah cukup halus/ sudah paling halus,jika rasternya lebih kasar dapat menggunakan kain screen yang selevel lebih kasar misalkan T77 agar tinta tidak mudah mampet discreen.

Tick 120
Biasa digunakan untuk menyablon gambar-gambar raster dengan tinta plastisol,dan untuk tinta plastisol screen ini sudah cukup halus/paling halus, jika rasternya lebih kasar bisa menggunakan screen yang selevel lebih kasar misalkan T90 agar tinta tidak mudah mampet discreen.

Dalam prakteknya, kita tinggal menyesuaikan dengan jenis tinta dan bahan serta ketersediaan screen dipasaran.



********************
Anda Mau Bikin Kaos
Disini Tempatnya !!!

082214041671
sablonerpro@gmail.com
www.sabloner.com
********************